Genjot Wisman, Kemenpar Realisasikan Promosi Masif di Mancanegara

Tertawalah selagi Gratis
video-shooting-dan-fotografi
Video Shooting & Fotografi
Mengabadikan Momen, Menceritakan Cerita — Solusi Profesional untuk Video Shooting & Fotografi Anda.
0813-1615-8974
Info Lengkap
Jakarta (satunusantara) Kementerian Pariwisata merealisasikan pemasaran dan promosi di kawasan tempat asal wisatawan mancanegara. Kegiatan itu mencakup pengiriman misi penjualan, melaksanakan dan mengikuti festival serta pameran. Dengan sasaran massyarakat umum (B to C), dan B to B, selain juga event promosi pariwisata minta khusus dan MICE.

Sementara program Famtrip, yaitu mendatangkan dari luar negeri para agen travel dan tur operator dengan mengunjungi berbagai destinasi pariwisata Indonesia. Pada umumnya mengunjungi Bali, dan dilanjutkan melakukan kunjungan ke destinasi pariwisata lain di Indonesia bagian timur dan barat.

“Promosi di kawasan Asia Pasifik akan diberikan bobot utama, sebagai sasaran pengembangan pemasaran pariwisata mancanegara, di dalamnya pasar the Greater China diberikan focus utama”, pungkas I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar.



Kegiatan promosi pada periode Januari-Maret telah dan akan dilaksanakan antara lain, kawasan ASEAN, Singapura misi penjualan 1 kali, pameran 2 kali, festival sekali, dan famtrip 2 kali. Malaysia misi penjualan, pameran, festival dan fantrip, masing-masing sekali. Dan Brunei famtrip sekali, Myanmar famtrip dua kali. Di kegiatan wisata cross border dilaksanakan 10 festival, yaitu di Batam, Bintan, Atambua, Jayapura.

Event yang bersifat pameran umum akan diikuti di Mumbai India, di Perth Australia, event IITM di Kalkuta India, yang merupakan pameran B to C.

Pameran minat khusus dan MICE akan diikuti di Tokyo yaitu pemasaran wisata golf, pameran AIME di Melbourne Australia, ke China Wedding Expo di Shanghai, ke Tokyo Marathon yang merupakan kegiatan B to C, International Luxury Travel Market, Tokyo merupakan pertemuan B to B, ke event China Golf Show di Beijing kegiatan B to C, outbond travel mart (OTM) Mumbai juga b to C, dan Perth Holiday Travel Fair juga pameran B to C.

Dua tour operator yang mempunyai pangsa pasar besar di China telah memanfaatkan liburan Imlek untuk menarik wisatawan mancanegara asal China ke Indonesia. Dengan seri 65 charter flight keduanya mengangkut 23.000 wisman Tiongkok dari 11 kota menuju Bali.

Kementerian Pariwisata menyambut dan memberikan dukungan berupa branding Wonderful Indonesia, gala dinner Chinese New Year dan Cultural Performance, diantaranya telah terlaksana 7 Februari lalu di Bali saat wisman pengunjungnya yang hadir berjumlah 475. Pada 10 Februari jumlah wisman meningkat hingga lebih dari 1300 dari asumsi sebelumnya 1150.

Sementara pemasaran dan promosi ke pasar ETTAA (Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika) periode Januari-Maret ini antara lain adalah melaksanakan event promosi pariwisata Indonesia di  kota Jeddah, New York, Beograd, Praha, Boston di AS, perancis. Di San Fransisco akan dilaksanakan dua kali event, di Dusseldorf, Frankfurt, Berlin, Fort Lauderdale di AS, Moskow dan Dubai.


Bersamaan itu, marketing communication (international) dilaksanakan dengan pemasangan iklan dan promosi lainnya di media eletronik, media online, media cetak, media ruang, tersebar praktis mencakup semua pasar wisman yang disasar Indonesia. Termasuk CNN, CNBC, BBC, Fox, MTV Asia, TV Singapura, Malaysia, TV di Timur Tengah, TV Australia dan lainnya. Termasuk online Google, Youtube, TripAdvisor, Baidu, di media cetak dan media ruang umumnya tampil pada Maret di berbagai kawasan yang amat potensial sebagai pasar wisman bagi Indonesia.linda.

Konsultan HRD

Related

News 4481496843654610621

Post a Comment

emo-but-icon

item