Genjot Wisman, Kemenpar Realisasikan Promosi Masif di Mancanegara

https://satunusantaranews.blogspot.com/2016/02/genjot-wisman-kemenpar-realisasikan.html
Jakarta (satunusantara) Kementerian Pariwisata merealisasikan pemasaran dan promosi di
kawasan tempat asal wisatawan mancanegara. Kegiatan itu mencakup pengiriman
misi penjualan, melaksanakan dan mengikuti festival serta pameran. Dengan sasaran
massyarakat umum (B to C), dan B to B, selain juga event promosi pariwisata
minta khusus dan MICE.
Sementara program Famtrip,
yaitu mendatangkan dari luar negeri para agen travel dan tur operator dengan
mengunjungi berbagai destinasi pariwisata Indonesia. Pada umumnya mengunjungi
Bali, dan dilanjutkan melakukan kunjungan ke destinasi pariwisata lain di Indonesia
bagian timur dan barat.
“Promosi di kawasan Asia
Pasifik akan diberikan bobot utama, sebagai sasaran pengembangan pemasaran
pariwisata mancanegara, di dalamnya pasar the Greater China diberikan focus utama”,
pungkas I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara
Kemenpar.
Kegiatan promosi pada
periode Januari-Maret telah dan akan dilaksanakan antara lain, kawasan ASEAN,
Singapura misi penjualan 1 kali, pameran 2 kali, festival sekali, dan famtrip 2
kali. Malaysia misi penjualan, pameran, festival dan fantrip, masing-masing
sekali. Dan Brunei famtrip sekali, Myanmar famtrip dua kali. Di kegiatan wisata
cross border dilaksanakan 10 festival, yaitu di Batam, Bintan, Atambua,
Jayapura.
Event yang bersifat
pameran umum akan diikuti di Mumbai India, di Perth Australia, event IITM di
Kalkuta India, yang merupakan pameran B to C.
Pameran minat khusus dan
MICE akan diikuti di Tokyo yaitu pemasaran wisata golf, pameran AIME di
Melbourne Australia, ke China Wedding Expo di Shanghai, ke Tokyo Marathon yang
merupakan kegiatan B to C, International Luxury Travel Market, Tokyo merupakan pertemuan
B to B, ke event China Golf Show di Beijing kegiatan B to C, outbond travel
mart (OTM) Mumbai juga b to C, dan Perth Holiday Travel Fair juga pameran B to
C.
Dua tour operator yang
mempunyai pangsa pasar besar di China telah memanfaatkan liburan Imlek untuk
menarik wisatawan mancanegara asal China ke Indonesia. Dengan seri 65 charter
flight keduanya mengangkut 23.000 wisman Tiongkok dari 11 kota menuju Bali.
Kementerian Pariwisata
menyambut dan memberikan dukungan berupa branding Wonderful Indonesia, gala
dinner Chinese New Year dan Cultural Performance, diantaranya telah terlaksana
7 Februari lalu di Bali saat wisman pengunjungnya yang hadir berjumlah 475. Pada
10 Februari jumlah wisman meningkat hingga lebih dari 1300 dari asumsi
sebelumnya 1150.
Sementara pemasaran dan
promosi ke pasar ETTAA (Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika) periode
Januari-Maret ini antara lain adalah melaksanakan event promosi pariwisata Indonesia
di kota Jeddah, New York, Beograd,
Praha, Boston di AS, perancis. Di San Fransisco akan dilaksanakan dua kali
event, di Dusseldorf, Frankfurt, Berlin, Fort Lauderdale di AS, Moskow dan
Dubai.
Bersamaan itu, marketing
communication (international) dilaksanakan dengan pemasangan iklan dan promosi
lainnya di media eletronik, media online, media cetak, media ruang, tersebar
praktis mencakup semua pasar wisman yang disasar Indonesia. Termasuk CNN, CNBC,
BBC, Fox, MTV Asia, TV Singapura, Malaysia, TV di Timur Tengah, TV Australia
dan lainnya. Termasuk online Google, Youtube, TripAdvisor, Baidu, di media
cetak dan media ruang umumnya tampil pada Maret di berbagai kawasan yang amat
potensial sebagai pasar wisman bagi Indonesia.linda.