Prajurit TNI Berantas Buta Aksara di Perbatasan RI-PNG
https://satunusantaranews.blogspot.com/2016/03/prajurit-tni-berantas-buta-aksara-di.html
Jakarta
(satunusantara) Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan
Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 406/CK Pengamanan Perbatasan (Pamtas)
RI-PNG dibawah pimpinan Letkol Inf Aswin Kartawijaya selaku Dansatgas Yonif
406/CK, memberantas Buta Aksara dengan mengajarkan anak-anak di Papua membaca
dan menulis dengan berbagai metode, agar apa yang diajarkan dapat diterima,
dimengerti, dan diingat. Niat tulus para prajurit TNI tersebut sesuai dengan
tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilaksanakan saat menempati Pos
di wilayah Bompay Papua.
Dansatgas Yonif 406/CK
Letkol Inf Aswin Kartawijaya menyampaikan, anak-anak di Papua belajar dengan
metode sambil bermain dan bernyanyi. Metode lainnya dengan memberikan reward
berupa permen gula-gula dan snack kepada anak-anak yang bisa menjawab
pertanyaan yang diberikan dan juga bila ada yang bisa menyanyikan lagu
Indonesia Raya.
“Pendidikan merupakan faktor
penting dalam memajukan sebuah bangsa, terutama pendidikan terhadap anak-anak
yang merupakan generasi penerus bangsa,” imbuh Letkol Inf Aswin Kartawijaya.
Menurutnya, dengan
mendapatkan pendidikan yang layak, maka kita dapat memiliki masa depan yang
lebih baik. Begitu juga dengan bangsa kita, bila setiap warga negara kita
mendapatkan pendidikan yang layak dari Sabang sampai Merauke, maka negara kita
bisa menjadi negara yang kuat dan lebih maju lagi. Tidak heran bila pemerintah
pusat mengalokasikan anggaran yang besar untuk sektor pendidikan di Indonesia.
Letkol Inf Aswin Kartawijaya
juga menyatakan bahwa, sesuai dengan UUD 1945 pasal 31 ayat 1 yaitu, setiap warga negara berhak
mendapatkan pendidikan dan pengajaran yang layak.
“Program mengajar di
sekolah-sekolah dan bela negara, program anak asuh, pembuatan rumah pintar
merupakan tekad kita untuk memberantas buta aksara khususnya untuk anak-anak
Papua di wilayah perbatasan RI-PNG,” pungkas Letkol Inf Aswin Kartawijaya.puspen/linda.




